14 Juni 2024

Bantu Pembangunan Pertanian, Kementan Serahkan Bantuan untuk P4S

0

TANIINDONESIA.COM//LEMBANG – Kementerian Pertanian akan memaksimalkan peran Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S) untuk meningkatkan produktivitas. P4S merupakan lembaga pertanian di desa yang menjadi partner Kementerian Pertanian dalam membangun Indonesia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menegaskan, fokus Kementan diantaranya adalah menggerakkan SDM pertanian untuk mendongkrak produktivitas dan menjaga ketersediaan pangan di Indonesia. Salah satunya, melalui menggerakkan SDM yang tergabung dalam P4S.

Dijelaskannya, sebagai partner kerja Kementan, P4S memiliki peran strategis dalam mewujudkan hal tersebut.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menilai menumbuhkembangkan P4S dapat membantu proses pembangunan pertanian dan pedesaan.

“P4S merupakan pusat pembelajaran dari petani untuk petani, memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian.” ujar Dedi.

Salah satu bentuk pembinaan yang diberikan Kementan kepada P4S adalah melalui penyerahan bantuan. Tahun 2024 ini, sejumlah 17 P4S di Provinsi Jawa Barat menerima bantuan dari Kementan yang disalurkan melalui BBPP Lembang.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas, Kementan Maksimalkan Peran Pendampingan Penyuluh

Penyerahan bantuan secara simbolis diadakan di Aula Catur Gatra BBPP Lembang, Rabu (29/05) lalu, berupa Sarana Pembelajaran sebelumnya diajukan oleh P4S kepada Kementerian Pertanian.

Bantuan yang diberikan adalah perangkat komputer untuk pelaksanaan administrasi di P4S dan peralatan yang mendukung akomodasi peserta pelatihan di masing-masing lokasi.

Kepala BBPP Lembang Ajat Jatnika menyatakan dukungannya kepada P4S dalam menjalankan tugasnya.

“Tugas dan fungsi P4S harus ditunjukkan kepada sesama petani karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan petani di sekitarnya sehingga dapat mendorong pembangunan pertanian di desa. Semoga dengan fasilitasi ini kinerja P4S dapat meningkat,” tuturnya.

Ketua P4S Cijulang Asri Kabupaten Bogor, Basir Baesuni, mengatakan bahwa fasilitasi ini akan sangat bermanfaat bagi P4S.

“Terutama bagi kami, ini akan sangat membantu kinerja SDM yang dimiliki dalam menjamin kelancaran pelatihan,” kata Basir.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *