15 Juni 2024

Jaga Mutu Pendidikan, Polbangtan Kementan Gelar Sertifikasi ISO

0

TANIINDONESIA.COM//YOGYAKARTA – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang terus berupaya menjaga mutu pendidikan, salah satunya melalui sertifikasi ISO. Terbaru, Polbangtan Yogyakarta Magelang melaksanakan Audit Surveillance ISO Integrasi 9001:2015 tentang Sistem Penjaminan Mutu dan 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan.

Kick Off meeting dilakukan pada Rabu (17/1) di ruang Sidang Polbangtan YOMA Jurusan Pertanian, sementara audit dilaksanakan selama dua hari baik di Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan (17-18/1/2024).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan menjaga bahkan meningkatkan kualitas harus terus dilakukan satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian.

Menurutnya, hal itu akan membuat pertanian Indonesia terus bersaing, dan bisa berdampak pada peningkatan produksi.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

“Dengan menjaga kualitas, berarti Polbangtan telah mendukung terciptanya SDM-SDM pertanian yang berkualitas dan berdaya saing,” katanya.

Dedi menegaskan, SDM adalah faktor pengungkit terpenting dalam pertanian.

“Kalau ingin meningkatkan produksi pertanian, tingkatkan dulu kualitas SDM-nya. Karena SDM adalah faktor utama untuk mengungkit produktivitas pertanian,” tegasnya.

Kepala Unit Penjaminan Mutu, Siti Astuti, menjelaskan audit surveillance ISO ini adalah kegiatan rutin tahunan yang digelar untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan di Polbangtan YOMA.

Baca juga: Kolaborasi Kementan dan YDBA Kembangkan Pertanian Kawasan Yogyakarta

“Dengan rutin melakukan audit surveillance ini, diharapkan ada peningkatan kualitas pelayanan pendidikan setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara Wakil Direktur I Bidang Akademik, Sujono, saat membuka acara menyatakan bahwa Audit Surveillance ISO ini adalah salah satu bentuk penjaminan mutu eksternal.

“Mengemban amanat sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di Kementerian Pertanian, Polbangtan Yogyakarta Magelang terus berupaya memperbarui dan mewujudkan komitmennya guna menjaga integritas institusi dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya pada bidang penyelenggaraan pendidikan melalui audit ISO,” ungkap Sujono.

Sujono juga berharap Polbangtan YOMA melakukan continuous improvement dalam tugasnya sebagai penyelenggara pendidikan.

“Apabila ada permintaan dokumen dan ditemukan ketidaksesuaian pada audit surveillance ini, pelaksana kegiatan dapat mempersiapkan dokumen dan melakukan tindak lanjut dengan segera. Itu salah satu wujud komitmen kita untuk terus melakukan peningkatan dan pengembangan,” pesannya.

Kegiatan Audit Surveillace ISO ini bekerjasama dengan Mitra Sejati Fazahara (MSF) dan SIS Certification Indonesia dengan melibatkan 2 auditor yaitu Ivar Kusradi dan Lya Caturianty.

Meskipun ada catatan perbaikan dari hasil audit yang dilakukan, namun secara garis besar dikatakan oleh Ivar bahwa penyelenggaraan pendidikan di Polbangtan YOMA masih sesuai dengan standar ISO.

“Ada beberapa catatan-catatan perbaikan yang sifatnya minor dan dapat diselesaikan segera,” kata Ivar.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *