26 Mei 2024

Tingkatkan Literasi Pertanian, Pustaka Kementan Sosialisasikan Layanan Perpustakaan

0

TANIINDONESIA.COM//LEMBANG – Peningkatan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang dilakukan Kementerian Pertanian tidak bisa lepas dari peningkatan literasi. Termasuk di dalamnya peran perpustakaan. Perpustakaan mendukung peningkatan literasi SDM pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, terus mendorong upaya peningkatan kemampuan para petugas pertanian, penyuluh pertanian, widyaiswara, dosen, petugas humas, termasuk pustakawan, baik di pusat maupun di daerah, untuk mendiseminasikan informasi pembangunan pertanian. “Semua harus bergerak untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan pertanian,” tutur Dedi.

“Perpustakaan BBPP Lembang sedang berbenah diri dan akan diusulkan akreditasinya agar dapat lebh optimal melayani masyarakat,” ungkap Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Ajat Jatnika.

Baca juga: Kementan Fokus Cetak Generasi Muda Jadi Wirausaha Muda Pertanian

Sebagai instansi induk seluruh perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian, Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian (Pustaka) melakukan literasi informasi dan sosialisasi layanan perpustakaan sekaligus penguatan dan pembinaan pengelolaan perpustakaan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan dihadiri Kepala Bagian Umum, tim manajemen, widyaiswara dan pegawai BBPP Lembang dan dibuka secara resmi oleh Kepala Pustaka, Muchlis.
Muchlis menjelaskan tugas pokok Pustaka Kementan yaitu melaksanakan pengelolaan perpustakaan dan literasi pertanian.

Ada 4 jenis perpustakaan yaitu perpustakaan khusus, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi. “Saat ini perpustakaan yang dimiliki Kementerian Pertanian (Kementan) ada 118 buah yang melekat di UPT Lingkup Kementan, dan 24 diantaranya sudah terakreditasi,” jelas Muchlis.

Pustaka Kementan memiliki 4 gedung layanan pustaka yang bisa diakses oleh seluruh komponen masyarakat, yaitu Perpustakaan Pertanian, Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital (P3D), Museum Tanah dan Pertanian, dan Taman Baca Pustaka. Semuanya terletak di jantung Kota Bogor.

Muchlis membagikan tips sebagai instansi pemerintah, agar secara kontinyu produksi konten yang mendidik dan diupload ke media sosial yang dikelola oleh BBPP Lembang. Ini bertujuan meningkatkan literasi masyarakat tentang pembangunan pertanian.

Dijelaskan juga tentang koleksi buku dan literatur pertanian di Pustaka Kementan yang dapat diakses secara langsung dan secara online. Secara online dengan mengakses https://pustaka.setjen.pertanian.go.id
Pustaka Kementan juga mengelola katalog induk yaitu menghimpun seluruh katalog online dan mengelola koleksi deposit karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan unit kerja lingkup Kementerian Pertanian. (yoko/che)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *