26 Mei 2024

Kementan Fokus Cetak Generasi Muda Jadi Wirausaha Muda Pertanian

0

TANIINDONESIA.COM//LEMBANG – Sepuluh orang siswi SMK Negeri I Losarang Kabupaten Indramayu telah menyelesaikan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang selama 3 bulan. Pelepasan oleh Ketua Kelompok Substansi Program dan Evaluasi, Aris Hanafiah, Rabu (3/4/2024).

Generasi muda Indonesia harus memiliki karakter yang kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi pemimpin dan pengusaha yang sukses dimasa depan. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan, “Kunci paling utama yang harus dilakukan anak-anak muda adalah berinovasi. Jika sudah berhasil terus lakukan the power or repetition.”.

“Sebagai generasi muda harus mengubah kebiasaan. Tekad kuat dan kerja keras, akan mengubah nasib para anak muda,” ujar Amran.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, “Generasi muda harus memiliki jiwa wirausaha dari hulu hingga hilir untuk memajukan sektor perekonomian Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, di berbagai kesempatan, Kepala BBPP Lembang, Ajat Jatnika, menegaskan bahwa BBPP Lembang mencetak generasi muda agar mampu menjadi wirausaha muda melalui berbagai program peningkatan kompetensi. Diantaranya pelatihan, kegiatan kunjungan singkat dan kegiatan PKL.

Baca juga: Penyuluh Pertanian Kompeten, Pastikan Peningkatkan Produksi dan Produktivitas Petani

Dari tanggal 11 Januari – 3 April 2024, siswi kelas XII ini terbagi di 10 lokasi lahan praktik di Inkubator Agribisnis BBPP Lembang. Ada yang di lahan terbuka membantu melakukan budidaya brokoli, bawang merah dan selada keriting. Ada juga yang praktik di screen tanaman hias melakukan budidaya kaktus dan sukulen, budidaya melon dan seledri secara hidroponik, budidaya anggur di dalam screen serta mengkhususkan diri di persemaian brokoli dan selada.

Setiap harinya, didampingi petugas lahan praktik, mereka belajar mulai dari pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga panen. Di penghujung PKL, dilakukan juga penyusunan laporan kegiatan PKL yang dipresentasikan di hadapan para widyaiswara BBPP Lembang pada kegiatan seminar hasil.

Riva Trivebrian Tarta, salah seorang peserta PKL mengatakan, “Di sini kami memperoleh pengetahuan yang lebih baik tentang budidaya tanaman sayuran, tanaman buah dan tanaman hias. “

“Terima kasih kepada Kepala Balai, Widyaiswara, para pembimbing di lapangan serta seluruh pegawai yang telah menerima kami PKL di sini dan membimbing selama proses belajar di sini,” ujar Puspita Sari, siswi lainnya. (Yoko/Che)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *