20 Juli 2024

Tingkatkan Kompetensi SDM, Kementan Gelar Pelayanan Publik Prima

0

TANIINDONESIA.COM//LEMBANG – Kementerian Pertanian, melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi ASN dan Non ASN, 25 – 28 Juni 2024. Pembukaan dilakukan Kepala Balai, Kamis (27/06/2024).

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengatakan pertanian merupakan salah satu sektor yang akan selalu menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia.

“Di dalam sektor pertanian, perlu diisi oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,” kata Amran.

Hal senada disampaikan Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. Menurutnya, pertanian adalah sektor yang menjanjikan sehingga akan membutuhkan banyak SDM.

Kepala BBPP Lembang, Ajat Jatnika, saat membuka Pelatihan mengatakan BBPP Lembang sebagai organisasi pembelajar, ada 3 hal yang harus diterapkan dan dipahami oleh seluruh pegawai.

“Yaitu kolaborasi dengan berbagai pihak, menguatkan pola pikir bahwa belajar itu seumur hidup harus selalu dilakukan, dan menciptakan inovasi sehingga pelayanan kepada publik lebih efektif dan efisien,” katanya.

Ajat juga mengingatkan jajarannya agar terus belajar yang bisa dilakukan kapan saja dimana saja.

Baca juga: Berkomitmen Wujudkan Indonesia BERSINAR, Polbangtan Kementan Raih Penghargaan P4GN

“Tingkatkan literasi membaca, lakukan hal positif memanfaatkan teknologi informasi. Bila kita terus belajar maka akan terbuka wawasan sehingga kompetensi diri meningkat yang dapat menunjang kinerja organisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik kepada para stakeholder kita,” tutur Ajat.

Tidak lupa dirinya menekankan pentingnya integritas, kejujuran dan setiap pegawai harus memahami tugas fungsinya dan memahami tugas fungsi organisasi.

Pelatihan diikuti 26 peserta yang terdiri dari pegawai ASN sebagai pelaksana di bagian keuangan, kelompok substansi program dan evaluasi, dan kelompok substansi penyelenggaraan pelatihan. Sedangkan pegawai Non ASN/THL yang bertugas di bidang pelayanan asrama, kelas, kantor, satpam, dan pengemudi.

Selama berlatih, peserta menerima materi kelompok dasar yaitu kebijakan pengembangan SDM pertanian. Adapun materi inti yang diperoleh tentang tugas pokok, peran, dan fungsi petugas, membangun etika petugas dalam menjalankan tupoksinya, teknik memberikan pelayanan prima, dan membangun karakter petugas yang professional dan berakhlak. Sedangkan materi penunjang adalah rencana implementasi.

Salah seorang peserta, Ropiatul Milah, pegawai THL BBPP Lembang yang bertugas melakukan pelayanan di kantor utama, mengatakan pelatihan yang diikuti dapat menambah wawasan.

“Terutama untuk melakukan pelayanan yang lebih baik kepada pegawai internal dan tamu yang datang ke BBPP Lembang,” ujarnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *