18 Juni 2024

Rehabilitasi Lahan dan Ketahanan Pangan, Polbangtan Kementan Bagikan Ratusan Bibit Tanaman

0

TANIINDONESIA.COM//YOGYAKARTA – Kementerian Pertanian, melalui Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA), memasifkan rehabilitasi lahan dan ketahanan pangan dengan membagikan bibit cabai dan jambu air ke sejumlah warga dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Dies Natalis ke-5 Polbangtan YOMA.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyambut baik hal ini. Menurutnya, ketahanan pangan adalah isu yang serius.

“Ancaman akan ketahanan pangan tidak main-main. Perang, cuaca ekstrim dan lainnya bisa membuat pangan jadi terganggu. Oleh karena itu, kita mengajak semua insan pertanian melakukan antisipasi. Salah satunya dengan pembagian bibit ini,” ujar Syahrul.

Pernyataan serupa disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. Dijelaskannya, ketahanan pangan masih menjadi isu serius tahun 2024.

“Kita melihat ancaman yang bisa mengganggu pangan masih akan berlanjut tahun depan. Oleh sebab itu, kita mengajak insan pertanian, termasuk petani milenial untuk mengambil peran dalam menjaga ketahanan pangan,” kata Dedi.

Baca juga: Dorong Peremajaan Sawit Rakyat, Mentan: Nilai Sawit Kedepan Akan Semakin Tinggi

Dedi berharap langkah yang dilakukan Polbangtan YOMA bisa menjadi inspirasi untuk kampus lainnya

“Atau bahkan lebih dikembangkan lagi agar pangan kita benar-benar tidak bermasalah,” katanya lagi.

Sementara dalam kegiatan Polbangtan YOMA yang mengusung tema “Pohon untuk Kehidupan”, mahasiswa yang terdiri dari perwakilan BPM, BEM, dan Panitia Dies Natalis telah menyalurkan sejumlah 50 bibit tanaman jambu air kepada KWT Asoka dan Kelompok Tani Sumber Rejeki di wilayah Kemantren Gondokusuman.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu untuk mendukung program penghijauan lingkungan dan meningkatkan keberhasilan rehabilitasi lahan serta perekonomian masyarakat,” ujar Alif Ibnu Sina, salah seorang panitia.

Selain bibit tanaman jambu, panitia juga membagikan sebanyak 870 bibit cabai dengan sasaran penyaluran yaitu warga RW 2 Kelurahan Tahunan.

Direktur Polbangtan YOMA, Bambang Sudarmanto, berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai media mengenalkan Polbangtan YOMA ke masyarakat luas.

“Tetapi juga dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya dari pekarangan,” tandas Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *