26 Mei 2024

Percepat Akselerasi Perluasan Areal Tanam di Kabupaten Bandung melalui Pompanisasi

0

TANIINDONESIA.COM//BANDUNG – Dalam rangka mendukung Perluasan Areal Tanam (PAT) padi serta antisipasi darurat pangan di Kabupaten Bandung, dilaksanakan Rapat Koordinasi Percepatan kegiatan Pompanisasi, Jumat (19/4/2024) di Gedung Oryza Sativa Dinas Pertanian Kabupaten Bandung.

Rapat dihadiri Kepala BBPP Lembang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Fakultas Pertanian Universitas Pajajaran dan Kodim 0624 Kabupaten Bandung.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyampaikan bahwa pompanisasi sebagai solusi cepat dan tepat dalam mengatasi masalah pertanian, utamanya mengairi sawah kering yang terdampak fenomena El Nino.

“Pompa ini solusi cepat untuk menangani El Nino, karena pompa ini membantu petani menanam dan berproduksi secara cepat dan maksimal,” ungkap Amran.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa penanaman yang tepat waktu dan pemilihan varietas tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat, menjadi strategi jitu meningkatkan produksi pangan.

Baca juga: Hari Pertama Kerja, Mentan Tancap Gas Cetak Sawah 500 ribu Ha di Merauke

Pada rapat koordinasi, Kepala BBPP Lembang, Ajat Jatnika memberikan paparan tentang Upaya Peningkatan Areal Tanam Padi melalui Akselerasi Kegiatan Pompanisasi pada Sawah Tadah Hujan di Kabupaten Bandung.

“Beberapa hal perlu kita lakukan yaitu pemahaman yang sama tentang Program PAT, pompanisasi dan padi gogo untuk stakeholder terkait dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi diantara penanggung jawab di Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bandung, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dan Kodim 0624 Kabupaten Bandung”, kata Ajat.

Pada rakor ini dilakukan kesepakatan dan tindak lanjut target dan realisasi PAT dan pompanisasi di Kabupaten Bandung dan mekanisme pelaporan di aplikasi monitoring yang disiapkan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian. (yoko/che)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *