26 Mei 2024

Produksi Surplus, Mentan: Pemerintah Bakal Ekspor Bawang Merah Mulai Agustus 2023

0

TANIINDONESIA.COM//JAKARTA – Kementerian Pertanian berencana akan mulai melakukan ekspor bawang merah pada Agustus 2023 mendatang. Adapun negara tujuan ekspor komoditas ini adalah Vietnam Thailand dan Singapura.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan bahwa produksi bawang merah di dalam negeri saat ini dalam kondisi surplus.

“Kita awal Agustus ini sudah mulai ekspor dan kita akan kembangkan terus produksinya di berbagai Provinsi lain. Kita masih punya lebihan (produksi) di atas 300 ribu ton,” jelas Mentan SYL dalam keterangannya, Sabtu (29/7).

Baca juga: Tingkatkan Produksi Pertanian, Wamentan Minta Seluruh Stakeholder Saling Sinergi dan Kolaborasi

SYL menilai Indonesia masih berpeluang untuk memperluas produksi bawang merah. Untuk itu pemerintah berencana untuk memperluas lahan produksi ke berbagai daerah untuk memastikan stok dan juga untuk mengantisipasi dampak el-nino.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan bahwa upaya pemerintah dalam memenuhi produksi bawang merah terus dilakukan melalui penyediaan benih unggul, alsintan hingga akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian.

“Semua bantuan dan pendampingan ini kami terus lakukan di berbagai daerah. Kita bersyukur karena produksi kita dari tahun ke tahun terus meningkat,” jelasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) produksi bawah merah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 1.9 juta ton. Angka tersebut turun dibandingkan dengan produksi pada 2021 yang mencapai 2,01 juta ton.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *